Daftar Stadion Terbesar Didunia (menurut kapasitas tempat duduk)

1. Rungrado May Day Stadium (Korea Utara)
memiliki 150 000 kursi dan ruang lantai total lebih dari 207 000 meter persegi. Daerah titinada adalah lebih dari 22 500 meter persegi. Stadion ini memiliki delapan lantai dan lebih dari 60 meter dari tanah tinggi ke atap. Panjang 60 meter kanopi cukup untuk menutupi bagian berdiri. Terpendam atap bagian dalam adalah 60 meter panjang dan atap luar 40m lama. 16 lengkungan atap link dengan satu sama lain seperti kelopak bunga.

Atap terlihat seperti bunga besar mengambang di air jernih dari Taedong, atau parasut yang baru saja mendarat, sehingga memberi kesan patung yang dinamis. Stadion ini memiliki 80 keluar dan sepuluh lift. Dibangun dalam dua setengah tahun di Pulau Rungra indah di Sungai Taedong, dan ditugaskan pada tanggal 1 Mei 1989. Setiap kondisi yang diberikan untuk pertandingan internasional. Lapangan sepak bola ditutupi dengan rumput alam, dan 400 meter jalur dan bagian-bagian lain untuk peristiwa lapangan rubberised.

Stadion ini memiliki berbagai ruang pelatihan, rekreasi kamar, kolam renang, ultrasonik kelelawar, sauna, tempat tidur dan sebagainya, yang sangat diperlukan untuk pelatihan dan kenyamanan pemain. Ini juga memiliki ruang makan, dan ruang penyiaran dan teleks kios. Ruangan yang rubberised lintasan lari adalah beberapa ratus meter panjang dan terletak di lantai enam


2. Salt Lake stadium (India)
Stadion ini terbesar kedua balap mobil non-kapasitas di dunia dan terbesar di sub-benua India. Saat ini digunakan untuk pertandingan sepak bola dan atletik. Stadion ini dibangun pada tahun 1984 dan memegang 120.000 [1] dalam konfigurasi tiga-lapis.

Hal ini terletak sekitar 10 km dari jantung kota. Ini adalah berbentuk elips. Atapnya terbuat dari tabung kuat dan lembaran aluminium dan beton. Ada dua papan skor elektronik dan ruang kontrol. Pencahayaan terdistribusi secara seragam olahraga untuk memfasilitasi malam. Ada pengaturan khusus untuk siaran TV.

Menutupi total luas wilayah 76,40 hektar, Salt Lake Stadion ini diresmikan pada bulan Januari, 1984. Fitur yang menonjol dari stadion yang unik untuk atletik lagu Synthetic bertemu, elektronik scoreboard, arena sepak bola utama berukuran 105M X 70M, elevator untuk pejabat bersama dengan VIP / VVIP kandang, pengaturan lampu sorot perifer dari atap-top, AC kamar VIP dan Konferensi Hall. Fitur lain dari stadion juga kotak komentar untuk AIR dan TV bersama dengan beberapa platform untuk TV Kamera, Press box, asrama dan kamar AC, ruang ganti pemain, latihan dasar sepak bola, kriket dan khokho, lapangan bola voli dan ultra-media olahraga. Para Stadion air memiliki pengaturan dan siaga generasi diesel set.

Susunan yang sangat baik lampu sorot yang menerangi stadion memiliki 624 bola lampu dari 2 k.wt. masing-masing dan dua scoreboards elektronik terdiri dari 36.000 bola lampu 25 watt, masing-masing. Keempat waduk bawah tanah telah unik pengaturan pemadam kebakaran dengan kapasitas 10.000 galon. Arsitektural dan desain struktural stadion telah dilakukan oleh Konsultan Joint yaitu., M / S. Ballardie, Thompson & Matthews Pvt. Ltd dan M / S. H.K. Sen & Associates-baik dari Kolkata, West Bengal. Trek ini disiapkan oleh Tartan Reckortan Track, Jerman. Scoreboards elektronik yang disediakan oleh Impex Electro Hongaria.

Sebagai pelantikan pada bulan Januari 1984 dengan Jawaharlal Nehru Internasional Turnamen Sepak Bola Piala Emas, Salt Lake Stadium telah menyelenggarakan beberapa turnamen internasional yang penting atau pertandingan seperti The Pre-Turnamen Piala Dunia pada tahun 1985, Super-Soccers pada tahun 1986, 1989, 1991 dan 1994, 3 SAF game pada tahun 1987, Uni Soviet Festival di tahun 1988, Charminar Challenger Trophy pada tahun 1992, Jawaharlal Nehru Internasional Piala Emas di 1995.The chief engineer dari stadion adalah Mr Somnath Ghosh.

Stadion ini juga menjadi tuan rumah berbeda program budaya [Tari, Musik Konser dll


3. Stadion Azteca (Mexico)
merupakan sebuah stadion sepak bola yang terletak di Mexico City, Meksiko. Stadion ini pernah dipakai untuk babak final Piala Dunia FIFA 1970 dan Piala Dunia FIFA 1986. Stadion ini merupakan stadion sepak bola terbesar di Meksiko dan berkapasitas 105.000 kursi.
Di sini klub sepak bola yang bermain di stadion ini ialah América dan merupakan markas utama untuk tim nasional Meksiko.



4. Melbourne Cricket Ground (disingkat MCG)
sebuah stadion olahraga di Melbourne, Australia.
Dengan kapasitas 100.000 penonton, stadion ini adalah yang terbesar di Australia dan terbesar kedelapan di dunia, dan merupakan salah satu stadion kriket paling terkenal di dunia. Pertandingan Test yang mempertemukan tim nasional kriket Australia dengan lawan internasionalnya yang berlangsung pada hari Boxing Day (26 Desember) setiap tahunnya dilaksanakan di stadion ini.

Selain pertandingan kriket, stadion ini juga sering digunakan untuk pertandingan Australian football (khususnya pertandingan Final Akbar AFL pada September). Melbourne Cricket Ground juga adalah stadion utama Olimpiade Melbourne 1956 dan Pesta Olahraga Persemakmuran 2006. Di samping itu, konser musik maupun pertandingan olahraga lainnya seperti rugbi dan sepak bola internasional juga kadang dilaksanakan di stadion ini.

Stadion ini dibangun pada tahun 1853 dan dibuka setahun kemudian. Saat itu satu-satunya tribun yang ada mempunyai sekitar 2.000 kursi. Hingga tahun 1970-an, stadion ini menampung lebih dari 120.000 penonton. Rekor jumlah penonton terbesarnya adalah sekitar 130.000 pada sebuah acara keagamaan yang dipandu Billy Graham pada tahun 1959. Sejak saat itu, renovasi dan peraturan keselamatan telah mengurangi kapasitasnya sehingga kini hanya menampung 100.000 penonton

5. Stadion Azadi (Iran)

adalah stadion nasional utama Iran yang berkapasitas 100.000 tempat duduk untuk penonton dan menjadi stadion kebanggaan penduduk Iran. Stadion ini merupakan stadion sepak bola terbesar di Iran dan sering digunakan untuk pertandingan-pertandingan resmi maupun persahabatan oleh tim nasional sepak bola Iran. Stadion ini merupakan bagian dari Kompleks Olahraga Azadi, kalau di Indonesia seperti Gelora Bung Karno atau Gelora Senayan.

Stadion ini dibangun pertama kali tahun 1973 dan diresmikan pada tahun itu juga untuk penyelenggaraan Asian Games 1974 di Iran. Pada tahun 2002 stadion ini direnovasi untuk mengurangi kapasitas tempat duduk penontonnya dari 100.000 menjadi 90.000 tempat duduk. Stadion ini pernah diberi nama Stadion Aryamehr sebagai penghargaan dari anggota Shah Iran namun beberapa waktu kemudian kembali menjadi Stadion Azadi setelah Revolusi Iran tahun 1979.

Stadion Azadi pernah menjadi saksi sejarah sepak bola Iran saat tim nasional sepak bola Iran melawan tim nasional sepak bola Australia yang berakhir imbang 0-0 dan imbang 2-2 di kandang Australia dan meloloskan Iran ke Piala Dunia 1998 Perancis karena unggul agregat gol di kandang lawan.


6. Stadion Nasional Bukit Jalil (Malaysia)
terletak di dalam Kompleks Olahraga Nasional Bukit Jalil, di sebelah selatan ibukota Malaysia, Kuala Lumpur. Stadion ini adalah stadion multifungsi yang mampu menampung hingga 110.000 orang. Pemerintah Malaysia membangun stadion ini pada tahun 1998 untuk melengkapi penyelenggaraan Commonwealth Games 1998 dengan kontraktor United Engineers Malaysia Bhd. dan selesai dibangun 3 bulan sebelum batas akhir. Stadion ini kemudian menjadi pusat dan bangunan olahraga paling terkemuka di Malaysia yang menempati lahan seluas 1,2 km².

Stadion terbaik di Malaysia ini merupakan stadion markas Malaysia. Awalnya, stadion ini dibangun dengan tujuan untuk menyelenggarakan Commonwealth Games, tetapi sekarang stadion ini telah berkali-kali digunakan untuk berbagai macam kegiatan, seperti untuk menyelenggarakan beberapa pertandingan dalam Piala Asia AFC 2007 yang lalu.


7. Nou Camp (Spanyol)

adalah stadion sepak bola di Barcelona, Spanyol. Stadion ini mulai dibuka tahun 1957. Kapasitasnya adalah 98.772 kursi. Stadion ini digunakan oleh klub Barcelona fc









8. Stadion Jornalista Mário Filho atau biasanya dipanggil Stadion Maracanã (Brazil)

merupakan sebuah stadion sepak bola yang terletak di Rio de Janeiro, Brasil. Stadion ini merupakan stadion terbesar di Amerika Selatan dan Brasil. Memiliki kapasitas 95.000 kursi. Dipakai untuk pertandingan final Piala Dunia FIFA 1950 dan Piala Dunia FIFA 2014.
Stadion ini merupakan markas klub CR Flamengo dan Fluminense FC.


9. Stadion Nasional Beijing (China)

yang juga dikenal sebagai Stadion Nasional [1] atau "Sarang Burung" (鳥巢) berdasarkan arsitekturnya, adalah sebuah stadion yang dibangun khusus untuk menyambut olimpiade di kawasan zona hijau Olimpiade (Olympic Green) Beijing, Republik Rakyat Cina dan telah dibuka pada bulan Maret 2008. Stadion ini akan menjadi tuan rumah untuk cabang-cabang olahraga yang membutuhkan lapangan dan trek pada Olimpiade Beijing 2008, sekaligus tempat upacara pembukaan dan penutupan. Stadion ini terletak di sebelah timur Pusat Akuatika Nasional Beijing (Beijing National Aquatics Centre)

10. Stadion Wembley (Inggris)

adalah sebuah kompleks olahraga serbaguna di Wembley, London, Inggris. Stadion ini mulai dibuka tahun 2007. Kapasitasnya adalah 90.000 kursi.


11. Stadion Peringatan Isidro Romero Carbo (Ecuador)


Yang Monumental lahir dari inisiatif dari presiden klub Isidro Romero Carbo. Dia ingin Barcelona untuk memiliki stadion sendiri, yang sedang memainkan pertandingan kandangnya di Stadion Modelo Herrera Alberto Spencer.

Stadion ini diresmikan pada tanggal 27 Desember 1987. Pertandingan pertama dimainkan melawan Barcelona FC dari Spanyol, yang menang 1-0 Barcelona SC. Barcelona mengundang ton selebriti sepak bola Amerika Selatan, seperti Pelé, untuk pelantikan. Pelé sangat terkejut, ia membandingkan stadion Maracanã yang terkenal di Rio de Janeiro.


12. Stadion Utama Gelora Bung Karno (Indonesia)



sebuah stadion serbaguna di Jakarta, Indonesia yang merupakan bagian dari kompleks olahraga Gelanggang Olahraga Bung Karno. Stadion ini umumnya digunakan sebagai lapangan pertandingan sepak bola tingkat internasional. Stadion ini dinamai untuk menghormati Soekarno, Presiden pertama Indonesia, yang juga merupakan tokoh yang mencetuskan gagasan pembangunan kompleks olah raga ini. Dalam rangka de-Soekarnoisasi, pada masa Orde Baru, nama Stadion ini diubah menjadi Stadion Utama Senayan. Setelah bergulirnya gelombang reformasi pada 1998, nama Stadion ini dikembalikan kepada namanya semula melalui Surat Keputusan Presiden No. 7/2001.[1]

Dengan kapasitas sekitar 100.000 orang, stadion yang mulai dibangun pada pertengahan tahun 1958 dan penyelesaian fase pertama-nya pada kuartal ketiga 1962 ini merupakan salah satu yang terbesar di dunia. Menjelang Piala Asia 2007, dilakukan renovasi pada stadion yang mengurangi kapasitas stadion menjadi 88.083 penonton.

Pembangunannya didanai dengan kredit lunak dari Uni Soviet sebesar 12,5 juta dollar AS yang kepastiannya diperoleh pada 23 Desember 1958.


13. Stade 5 Juillet 1962 (Aljazair)


(bahasa Arab: ملعب 5 يوليو 1962) (nama ini merujuk pada tanggal 5 Juli 1962, hari di mana Aljazair dideklarasikan merdeka dari Perancis), juga dikenal sebagai Stadion El Djezair merupakan stadion sepak bola yang terletak di Algiers, Aljazair.

14. Stadion ANZ (Australia)

Stadion Australia merupakan salah satu stadion yang terletak di Sydney, Australia. Stadion ini dipakai untuk sepak bola Australia dan rugbi. Dengan memiliki kapasitas 83.500 penonton. Stadion ini pernah dipakai untuk Piala Dunia Rugbi 2003.


16. Stadion Giuseppe Meazza, San Siro (Italy)

adalah stadion sepak bola di Milan, Italia. Stadion ini adalah kandang bagi dua tim Liga Italia dari Seri A: A.C. Milan dan Internazionale.

(SUMBER)


 

:: SELAMAT DATANG :: WELCOME :: Copyright © 2009 octolink is Designed by octo popo supramto Sponsored by octolink.blogspot.com